Perspektif Upaya Perkembangan Wisata di Sulawesi Selatan

4c

08 April, 2012

Berwisata ke bagian timur Indonesia, salah satu propinsi yang cukup memiliki potensi dan sensasi adalah Sulawesi Selatan. Sebagai propinsi yang cukup berkembang di Indonesia timur, Sulawesi selatan juga dikenal sebagai propinsi yang ramai dikunjungi wisatawan dari belahan negeri manapun. Berbagai macam wisata dapat kita temui di tanah sulawesi ini.

Sedikit mengenai berbagai macam Wisata di sulawesi selatan, ada banyak ragam yang dapat kita temui . Diantaranya yaitu wisata laut atau pantai, wisata ke berbagai pulau-pulau, wisata religi ke Makam-makam tokoh agama dan para pendahulu dan banyak lagi yang lainnya.  Akan tetapi dibalik semua itu, tentu ada banyak hal yang harus mendukung agar tercapainya perkembangan dan kemajuan yang signifikan terhadap segala objek pariwisata yang ada di Sulawesi Selatan.  Semua ini tentu tak terlepas dari para pelaku daerah setempat, yaitu pemerintahan dan masyarakatnya. Sebagai propinsi yang berkembang, pemerintah beserta masyarakat tentu masing-masing mengemban perang penting dalam kemajuan wisata regional yang ada di daerah mereka. 


Bagaimana agar hal itu terwujud ? ada beberapa hal yang harus kita cermati. Terutama bagi pemerintahan setempat selaku penanggung jawab yang paling memiliki peran penting dalam hal ini. Namun upaya upaya apa yang harus dilakukan. Tentu ada berbagai macam kebijakan yang dapat dihaturkan terhadap perencanaan pengembangan wisata di Sulawesi Selatan ini.
Menurut saya, sebagai langkah awal dalam memajukan potensi wisata kita di Sulawesi Selatan, kita dapat langsung mengundang para wisatawan untuk datang. Tentu hal ini tidaklah mudah, sebagai masyarakat Sulawesi Selatan, yang paling utama saat ini adalah kita tentu harus merasa bangga dengan apa yang kita miliki di tanah Sulawesi kita ini. Dengan memiliki rasa kebanggan maka akan ada rasa tanggung jawab. 

Selanjutnya yaitu dengan menggelar event-event pariwisata. Tentu ini akan cukup mempengaruhi tingkat visitor ke Sulawesi Selatan. Dinas parisiwata beserta para sponsor tentu memiliki peran penting dalam hal ini. Tentu dengan menyuguhkan beragam keindahan wisata yang menciptakan pengalaman yang menarik bagi para wisatawan yang datang. Event-event yang diselenggarapakan tentunya berperan sebagai sarana promosi paling strategis menurut saya saat ini. Banyak event yang bisa menjadi opsi untuk hal ini, misalnya dengan melakukan kontes yang mengundang sebuah kesenangan bersama. Misalnya mengadakan kontes perahu dimana para nelayan atau yang mereka memiliki hobi dalam hal perahu dapat ikut serta dalam kontes tersebut.

Langkah lainnya yang dapat diambil yaitu dengan mengembangkap tiap-tiap aspek penting dalam mempromosikan objek wisata di Sulawesi Selatan. Diantaranya yaitu aspek pembangunan, dengan melakukan perencanaan tata ruang yang baik dan kondusif. Sehingga memenuhi standarisasi yang mengantar Sulawesi Selatan dikenal didunia luas. Aspek lain yang tak kalah penting yaitu aspek sarana dan prasarana yang harus memadai  mengingat lingkungan objek wisata harus tetap terjaga sehingga tercipta keseimbangan. Selanjutnya yaitu menimbulkan peran langsung pihak pengusaha atau pihak swasta, dimana dalam pengelolaan suatu objek wisata tentunya memerlukan banyak sumber daya manusia yang nantinya akan memberikan kesempatan bagi para masyarakat dan menjadi lapangan kerja bagi mereka.  Selanjutnya yaitu dengan melakukan promosi menggunakan jasa media dan teknologi seperti internet. Mengingat internet saat ini menjadi alternatif yang sangat mumpuni dalam mempromosikan apa saja. Tergantung bagaiamana kita menyajikannya dalam bentuk informasi yang dapat menimbulkan ketertarikan bagi para wisatawan. 

Hal lain yang juga sangat penting yaitu masuk kepada pengelolaan objek wisata tersebut. Dalam hal memanajerisasi segala sumber daya yang ada, tentunya kita harus memperhatikan bagaimana mengelola sebuah tempat wisata menjadi nyaman bagi para pengunjung serta menimbulkan kesan mendalam bagi mereka, sehingga mereka merasa ada yang dapat mereka bawa pulang nantinya. Meskipun itu hanyalah sepenggal buah bibir yang mendukung. 

Upaya berikutnya yaitu menghindari hal yang dapat menjadikan Objek Wisata kita sepi pengunjung. Mengapa begitu ? karena hal inilah yang menjadi tolak balik apa yang kita harapkan. Bagaimana menyikapinya ? tentu dengan menjaga kelestarian serta keseimbangan lingkungan. Melakukan inventarisasi yang memadai juga menjadi kebijakann penting dalam hal ini, bukan hanya sampai melengkapi inventarisasi dan sebagainya, kita tentu akan dihadapkan pada banyak dinamika yang terjadi, tentu kita harus tetap mampu menjaga tingkat kepuasan pengunjung. Pemerintah setempat, dalam hal ini yaitu Dinas Pariwisata harus memperhatikan masalah-masalah yang seringkali dihadapi para wisatawan yang hendak berkunjung, dari yang terkecil sampai yang relatif serius. Contoh kasus yang sering terlihat yaitu kesulitan dalam hal transportasi, akomodasi penginapan, sumber daya manusia yang memadai, sampai keamanan dan manajemen pengelolaan yang memadai. Mengingat objek-objek wisata di Indonesia, khususnya kita di Sulawesi Selatan memiliki objek-objek wisata yang terletak di daerah-daerah yang relatif tidak mudah untuk diakses. 

Ringkasnya, Lingkungan wisata harus mendapat perhatian serius, dan menjaga nilai-nilai regional yang menciptakan ciri khas tersendiri bagi Sulawesi Selatan. Mengapa Bali sangat dikenal didunia luar ? tentu pertanyaan ini bisa kita tanyakan pada diri kita. Mengapa Sulawesi Selatan tidak demikian.

4 komentar:

  1. mantap!!!

  2. terima kasih :-)

  3. Taman Prasejarah Leang-Leang dengan berbagai peninggalan warisan budaya dari masa pra sejarah, bahkan taman ini tercatat sebagai salah satu World Heritage yang ditetapkan UNESCO ;)

  4. Hi, mohon ijin berbagi informasi ya… Yuk ikutan #ZockoUnlocked Blogging Competition berhadiah iPhone 5S atau iPad Mini! Untuk info lengkap silakan kunjungi http://weare.zocko.com ya dan jangan lupa sign up di http://www.zocko.com terlebih dahulu! Kami tunggu ☺

Poskan Komentar

Komentar Anda sangat mendukung kemajuan blog ini :-)

Arief Info © 2008 Blog Design by Randomness