Internet Sehat

1c

12 Maret, 2012

-Budaya Sopan Santun Berinternet
Disaat sekarang ini, berinternet sudah bukan menjadi hal yang ekslusif. Apalagi dikalangan para pemuda-pemudi, bahkan kita bisa saja mengabiskan sepanjang waktu didepan monitor untuk skekedar menjalankan aktifitas selancar ke dunia maya tersebut.  Saat ini internet kebanyakan digunakan anak muda untuk menjalin relasi dengan sesama pemuda lainnya, entah itu secara individu atau kelompok. Internet melalui situs jejaring sosial menjadi wadah mereka. Namun ada hal yang kerapkali dilupakan mereka, yaitu bagaimana sebaiknya kita bersopan santun dalam berinternet. Bukan hanya dikehidupan real saja, bahkan mungkin tidak ada bedanya dengan dunia maya, kita juga harus menjaga segala tata karma yang baik dan tidak menimbulkan ketidaknyamanan terhadap pengguna lainnya. Sebagai contoh situs jejaring sosial facebook yang biasa digunakan untuk menunjukkan sikap apatis terhadap sesuatu dan memberikan statement yang berlebihan.

-Menghargai Waktu Dalam Berinternet
Seringkali kita dibuat lupa waktu ketika sedang asyiknya berselancar di dunia maya ini. Melupakan rutinitas kita, lupa makan dan sebagainya. Ada baiknya jika kita memiliki waktu yang teratur untuk menggunakan internet. Tidak membuang-buang waktu di depan layar untuk hal-hal yang tidak bermanfaat.

-Privasi Di Dunia Maya
Berbicara masalah privasi, apakah ada privasi didunia maya ? saya pikir kita punya jawaban masing-masing atas pertanyaan tersebut. Hal ini sebenarnya cukup menarik, mengingat berbagai kejadian yang kadang merugikan sebuah pihak seperti pembajakan sebuah akun facebook seseorang, mengakses konten yang bersifat pribadi dari sebuah akun/website, dan lainnya yang kadang dinilai merugikan. Melihat luasnya dunia maya, dimana kemudahan dalam mengakses informasi menjadi budaya, patutkah kita mengedepankan apa yang disebut privasi ?, mungkin pandangan kita akan hal ini bisa berbeda-beda. Namun menurut hemat saya, apa yang kita anggap privasi dan yang bukan, kita tentu bisa menempatkannya dengan tepat. Menggunakan internet dan beraktifitas secara serius didalamnya memang harus disikapi secara serius juga.

-Pergaulan Sehat
Kehidupan sosial tentu saja juga terjadi di dunia maya. Kesempatan untuk bisa berteman dengan siapa saja dari belahan bumi manapun juga ada dalam genggaman. Namun harus diperhatikan, pergaulan yang baik, tentu mengantar kita kepada kehidupan yang lebih baik pula. Menentukan dengan siapa saja kita berinteraksi, apakah membawa manfaat, dan tidak menjerumuskan kita kepada hal yang berkonotasi negatif harus menjadi prinsip utama kita. Mengingat banyak kejadian memprihatinkan di negeri ini, yang berawal dari pola interaksi di dunia maya yang tidak sehat.

1 komentar:

  1. beh,bru yg pnya ini blog kblikanx jg..wkwk, brcanda :p

Posting Komentar

Komentar Anda sangat mendukung kemajuan blog ini :-)

Arief Info © 2008 Blog Design by Randomness